you're reading...
Biologi

Daur Ulang Sampah

Assalmualaikum Wr. Wb

Udah lama ngak posting lagi nih.. pertama aku mau ucapin selamat tahun baru yah buat semua pengunjung blog ini (hehehehe… meski udah telat ngucapinnya tapi ngak apa2 lah). Sekarang aku posting tugas nih. Mengenai pentingnya daur ulang sampah. Hehehe.
semoga bermanfaat yah….!!!

KATA PENGANTAR

Puji Syukur Kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas makalah ini. Salawat serta salam kita kirimkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW sebagai nabi uswatun khasana dimuka bumi ini.

    Makalah ini adalah makalah yang berisi tentang pengolahan limbah/sampah yang akan membawa kita ke kehidupan yang lebih bersih, baik, prodiktif, dan dapat menghasilkan nilai ekonomi. untuk itu, apabila dalam makalah yang saya buat ini terdapat kesalahan, maka saya mohon maaf atas kesalahan tersebut

Saya Berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang membaca Makalah ini dan dapat memperluas wawasan pembaca. Amin. . . .

                                                                                                                        Penulis,

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    i

DAFTAR ISI    ii

BAB I    1

PENDAHULUAN    1

A.    Kerangka Berpikir    1

B.    Rumusan Masalah    1

C.    Tujuan    1

BAB II    2

LANDASAN TEORI    2

A.    SUMBER LIMBAH    2

B.    DAMPAK LIMBAH    5

C.    DAUR ULANG LIMBAH    6

D.    MANFAAT DAUR ULANG LIMBAH    8

BAB III    9

PROSEDUR KERJA    9

A.    Alat dan bahan    9

B.    Langkah kerja    9

BAB IV    10

PEMBAHASAN    10

A.    Manfaat produk daur ulang yang dibuat    10

B.    Nilai ekonomi, sosial, dan budaya    10

BAB V    11

SIMPULAN DAN SARAN    11

A.    Kesimpulan    11

B.    Saran    11

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Kerangka Berpikir

    Dimulai dengan makin maraknya industri besar yang berdiri serta kehidupan masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mulailah timbul tumpukan limbah atau pun sampah yang tidak di buang sebagaimana mestinya. Hal ini berakibat pada kehidupan manusia di bumi yang menjadi tidak sehat sehingga menurunkan kualitas kehidupan terutama pada lingkungan sekitar.

    Maka dari itu karya tulis ini akan dilengkapi dengan faktor – faktor yang timbul dan upaya – upaya yang dapat dilakukan mengenai masalah limbah. Oleh karena itu, kami telah susun karya tulis ini dengan rinci. Dengan maksud supaya makalah tentang Dampak Limbah serta Penanggulangannya ini dapat dijadikan masukan untuk membenahi kualitas kehidupan karena adanya limbah ataupun sampah yang tidak di buang sebagaimana mestinya.

    Pada makalah ini terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh guna meminimalisir dampak dari limbah ataupun sampah dan akhirnya kita dapat bersama mengurangi dampak dari adanya limbah ataupun sampah. Karena sampah sebenarnya ada juga yang masih dapat dimanfaatkan terutama limbah hewan yang dapt dijadiak pupuk atau limbah plastik dengan cara mendaur ulang serta limbah lain yang bisa dimanfaatkan.

  2. Rumusan Masalah

    1. Dari manakah limbah atau sampah berasal?
    2. Apa dampak yang ditimbulakan dari limbah atau sampah?
    3. Bagaimana cara mengolah limbah atau sampah agar tidak menimbulkan dampak negative bagi kehidupan?
  3. Tujuan

  • Dengan dibuatnya makalah ini dapat menimbulkan perubahan hidup dalam masyarakat khususnya dalam pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat.
  • Lebih mengetahui bagaimana cara mengolah sampah agar berguna bagi kehidupan.

BAB II

LANDASAN TEORI

  1. SUMBER LIMBAH

    1. Sumber Utama Limbah

    Sumber adanya limbah sebenarnya banyak sekali tetapi pada pengelompokannya sumber limbah terdiri dari :

    1. Aktivitas manusia

    Saat manusia melakukan aktivitas untuk menghasikan sesuatu barang produksi maka akan timbul suatu limbah karena tidak mampunya pengolahan yang dilakukan oleh manusia menggunkan mesin dan juga sulitnya untuk mengolah barang yang tidak berguna menjadi barang yang bias dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Berikut adalah limbah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia misalnya :

  • Hasil pembakaran bahan bakar pada industry dan juga kendaran bermotor
  • Pengolahan bahan tambang dan minyak bumi
  • Pembakaran hutan untuk membuka lahan pertanian ataupun perumahan
  1. Aktivitas alam

Selain dari aktivitas diatas pencemaran limbah di bumi juga di timbulkan oleh aktivitas alam walaupun jumlahnya sangat sedikit pengaruhnya terhadap lingkungan karena lokasinya yang biasanya bersifat lokal.berikut ini contoh dari aktivitas alam yang menghasilkan limbah yaitu :

  • Pembusukan bahan organik alami
  • Adanya aktifitas gunung berapi
  • Banjir, longsor serta
  • Aktivitas alam yang lain

Karena kedua aktivitas ini menimbulkan limbah yang mencemari lingkungan, manusia di bumi terus mengembangkan teknologi untuk mencegah dampak pencemaran lingkungan. Walaupun dilain pihak limbah terus meningkat terutamadiakibatkan oleh aktivitas manusia hal ini didorong oleh beberapa factor sebagai berikut :

  1. Perkembangan industri

Perkembangan industri yang sangat cepat baik pertambangan, transportasi dan manufakur atau pabrik yang mengahsilkan limbah dalam jumlah yang relative besar sehingga terjadi pembuangan limbah yang kurang terkontrol karena kurannya teknologi untuk membuat limbah menjadi barang yang terurai atau ramah lingkungan

  1. Modernisasi

Pada saat sekarang perkembangan teknologi untuk menghasilkan barang semakin marak digunakan dikalangan orang yang mengeluti bidang industry. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan barang dengan cepat tetapi di lain hal perkembangan teknologi berakibat pada semakin banyaknya limbah yang dihasilkan oleh teknologi itu sendiri.

  1. Pertambahan penduduk

Semakin banyaknya penduduk di bumi ini mengakibatkan bertambah meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal serta meingkatnya jumlah kebutuhan akan barang. Hal ini dapat menimbulkan berberpa macam masal seperti :

  • Pembukaan lahan untuk pemukiman dan saran transportasi

    Pembukaan lahan untuk pemukiman dan saran transportasi berdampak terhadap semakin berkurangnya hutan untuk mengurangi kadar pencemaran lingkungan.

  • Penimbunan sampah

Semakin hari kita melihat banyaknya sampah yang menumpuk karena pembuangannya yang sembarangan dan mungkin juga karena kurang mampunya tempat pembuangan sampah untuk menampung sampah atau yang biasa disebut TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dalam menampung sampah sehingga sampah menumpuk di suatu tempat yang berdampak menurunnya kualitas lingkungan sekitar

  1. Jenis Limbah

Bermacam-macam limbah mungkin akan kita temui di sekitar kita. Pernahkah anda melihat sampah plastic, kaleng,pecahan kaca, kotoran hewan dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya limbah ini dapat dikelompokan berdasar sumber dari limbah ini berasal seperti penjelasan di bawah ini :

  • Garbage yaitu sisa pengelolaan atau sisa makanan yang mudah membusuk. Misal limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga, restoran dan hotel.
  • Rubbish yaitu bahan atau limbah yang tidak mudah membusuk yang terdiri dari
  • bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan kertas
  • bahan yang tidak mudah terbakar seperti klaeng dan kaca
  • Ashes yaitu sejenis abu hasil dari proses pembakaran seperti pembakaran kayu, batubara maupun abu dari hasil industry.
  • Dead animal yaitu segala jenis bangkai yang membusuk seperti bangkai kuda, sapi, kucing tikus dan lain-lain.
  • Street sweeping yaitu segala jenis sampah atau kotoran yang berserakan di jalan karena perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab.
  • Industrial waste yaitu benda-benda padat sisa dari industry yang tidak tepakai atau dibuang. Missal industry kaleng dengan potongan kaleng-kaleng yang tidak terolah.
  1. DAMPAK LIMBAH

    Dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah yang tidak dikelola dengan baik adalah sebagai berikut:

    1. Gangguan Kesehatan:
  • Timbulan sampah dapat menjadi tempat pembiakan lalat yang dapat mendorong penularan infeksi;
  • Timbulan sampah dapat menimbulkan penyakit yang terkait dengan tikus;
  1. Menurunnya kualitas lingkungan
  1. Menurunnya estetika lingkungan

Timbulan sampah yang bau, kotor dan berserakan akan menjadikan lingkungan tidak indah untuk dipandang mata;

  1. Terhambatnya pembangunan negara

Dengan menurunnya kualitas dan estetika lingkungan, mengakibatkan pengunjung atau wisatawan enggan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut karena merasa tidak nyaman, dan daerah wisata tersebut menjadi tidak menarik untuk dikunjungi. Akibatnya jumlah kunjungan wisatawan menurun, yang berarti devisa negara juga menurun.

  1. DAUR ULANG LIMBAH

  • Daur ulang sampah

Setiap hari manusia menghasilkan sampah, apa lagi bagi yang tinggal di daerah pedesaan.misalnya di daerah sekitar saya ini, tepatnya didesa sidomulyo kelurahan Ringin Mulyo cepiring kendal. Sampah yang tercemar didaerah sekitar desa saya ini terdiri atas sampah organik dan anorganik.

A.    Sampah Organik

adalah Sampah yang berasal dari tumbuhan / hewan. Misalnya sampah daun – daunan, sayuran, dsb. Karena kemajuan Ilmu Teknologi dan pengetahuan manusia, orang-orang yang tinggal di desa ini dapat memanfaatkan sampah untuk dijadikan kertas ataupun pupuk organik. Warga sekitar sepakat untuk melakukan tindakan yang banyak bermanfaat terhadap sampah-sampah tersebut. Karena melihat kondisi lingkungan di sekitar sangat risih dan kotor sekali sehingga tidak enak di pandang mata. Warga sekitar berencana ingin mendaur ulang sampah-sampah tersebut menjadi barang-barang yang berguna bagi kehidupan manusia, Akhirnya sampah-sampah yang berasal dari organik dapat di proses menjadi pupuk organik dan digunakan masyarakat setempat untuk memupuk tanaman mereka. Masyarakat setempat menggunakan tanah sebagai sumber daya alam kemudian tanah tersebut di tanami tanaman produksi ( Tanaman yang bisa di produksi ). Setelah tanaman itu mati, Masyarakat mengambil daun-daunya kemudian di olah kembali menjadi pupuk setelah melalui proses daur ulang.

” PROSES DAUR ULANG adalah pengolahan kembali bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yang nilai ekonominya rendah atau bahkan tidak mempunyai nilai ekonomi menjadi suatu barang yang berharga dan berguna bagi kehidupan manusia”.

Sampah-sampah yang bersumber dari bahan organik berupa sayuran, sisa makanan, pertanian, perkebunan, dan peternakan di golongkan sbagai sampah basah ( Sampah Organik ) yang dapat di proses secara Ilmiah. Misalnya masyarakat menjadikan daun-daunan sbagai bahan baku untuk pembuatan pupuk kompos. Hal ini merupakan salah satu usaha warga pengolahan sampah.

B.    Sampah Anorganik

adalah sampah yang berasal dari benda-benda yang mati, misalnya sampah plastik, besi, kaleng, kardus dsb.

Bahan Baku daur ulang , yang berupa sampah pada umunya di anggap masyarakat tidak berguna dan tidak mempunyai nilai Ekonomi. Sampah tersebut bisayanya di golongkan sebagai sampah Anorganik yang tidak dapat di proses secara ilmiah. Sampah tersebut harus di olah para warga melalui suatu proses menjadi barang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Bahkan orang-orang dapat menggunakan kembali sebagai mana layaknya semula.

Sampah-sampah bekas tersebut antara lain, Plastik, kertas, Karton, Kardus, seng, besi, logam, alumunium, kaleng, potongan kain, kaa dan Kulit. Masyarakat menghancurkan barang-barang tersebut di pabrik untuk di olah menjadi barang seperti semua atau ,menjadi barang produk lainya. Di samping itu barang –barang tersebut juga dapat di daur ulang tanpa dilebur di pabrik, namun Masyarakat merangkainya dengan sentuhan tangan yang berjiwa seni sehingga menghasilkan barang yang lebih berharga.

2. PENERTIBAN PEMBUANGAN SAMPAH

A. Cara – Cara / Sistem Penanggulangan Pemusnahan Sampah Yang Di Lakukan Oleh Warga Sekitar.

Untuk menindak lanjuti keadaan sumpah-sumpah di lingkungan warga desa ini.masyarakat melakukan bermacam-macam cara sistem pemusnahan sampah yang harus di lakukan oleh para warga sekitar. Cara-cara tersebut antara lain :

  • Untuk makanan ternak ; sisa sampah berupa sayuran, sisa makanan, dan sisa buah-buahan dapat di jadikan masyarakat untuk makanan ternak.
  • Untuk bahan pupuk; sampah yang membusuk akan menjadi bahan organik dan dapat digunakan masyarakat sebagai pupuk.
  • Pembakaran ; cara ini dilakukan masyarakat hanya untuk sampah-sampah yang dapat di bakar saja. Dampaknya dari pembakaran adalah munculnya asap yang dapat mengganggu lingkungan.

B. Tujuan Masyarakat mengadakan Proses Daur Ulang Sampah ini Dalah Untuk :

  1. Menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman.
  2. Mewujudkan rasa kepedulianya terhadap lingkungan bahwa lingkungan dapat memberi keindahan untuk kita.
  3. Menciptakan masyarakat yang damai, tentram, dan Sejahtera.

C. Sistem Pengolahan Sampah ada ( 2 ) yaitu :

  1. Sistem Pengelolaan Formal.

Yakni pengumpulan pengangkutan, dan pembuangan yang di lakukan oleh aparat pemerintah setempat, misalnya Dinas kebersihan dan pertamanan. Pemerintah mengeluarkan dana yang cukup besar untuk menangani kegiatan ini. Disampung itu juga di sediakan Tempat Penampungan Akhir ( TPA ) untuk menampung dan mungkin mengolah sampah yang masuk. Sistem ini terdapat kelemahanya, karena sudah menjadi tanggung jawab Dinas Kebersihan, seringkali peran aktif dari masyarakat kurang.

  1. Sistem Masyarakat In Formal.

Yakni aktivitas yang dilakukan oleh dorongan kebutuhan untuk hidup dari sebagian masyarakat. Secara tidak sadar mereka berperan serta dalam kebersihan lingkungan desa seperti pemulung dan Industri daur ulang, baik jenis kertas, plastik, kaleng, seng, botol, kardus, dll. Terdapat manfaat ganda dari kegiatan pemulung yang pertama menjaga kebersihan dan yang kedua terdapat nilai ekonomi pada sampah-sampah yang di kumpulkan.

  1. MANFAAT DAUR ULANG LIMBAH

    1. Dapat mengurangi limbah yang berserakan.
    2. Menjadikan lingkungan nyaman, aman, dan tentram.
    3. Dapat mencegah timbulnya bencana alam

BAB III

PROSEDUR KERJA

Cara Mengolah limbah

Membuat kerajinan tangan.

Tampat pensil

  • Alat dan bahan

    • kaleng minuman bekas
    • gunting dan tang, lem castol
    • cat warna warni
    • lak ban
    • cat pengkilap atau ditoko sering disebut cat clear
    • pita atu kertas warna warni
  • Langkah kerja

  1. .ambil kaleng bekas
  2. lalu lubangi bagian atas kaleng dengan gunting besi
  3. agar hasil guntingan kaleng tidak tajam maka gunakan tang untuk membantu memipihkan sisa kaleng yang digunting
  4. setelah selesai dirapikan ambil lakban untuk membuat pola mengecat
  5. tarik lakban dari atas kaleng ke bagian bawahkaleng..ini gunanya untuk membuat pola saat kita mengecat
  6. bila telah selesai mengecat jemur di tempat panas .
  7. bila sudah kering buat kreasi bunga ataupun pita untuk mempercantik tampilan botol.

BAB IV

PEMBAHASAN

  • Manfaat produk daur ulang yang dibuat

Adapun manfaat dari produk daur ulang yang saya buat yaitu dapat dijadikan tempat pensil, bolpoin, maupun alat menulis lainnya.

  • Nilai ekonomi, sosial, dan budaya

    Nilai ekonomi, social, dan budayanya yaitu dapat menghasilkan uang apabila dijual, dan menambah keterampilan.

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan

    Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah) atau juga dapat dihasilkan oleh alam yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

    Karakteristik limbah: Berukuran mikro, Dinamis, Berdampak luas (penyebarannya), Berdampak jangka panjang (antar generasi).

    Limbah merupakan hasil dari aktivitas manusia dan aktivitas alam.

    Pengolahan limbah merupakan cara untuk mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh limbah.

  2. Saran

    Pengolahan limbah disaat ini perlu perhatian khusus mengingat semakin banyaknya volume limbah di lingkungan sekitar. Dengan pengolahan limbah diharapkan lingkungan sekitar bisa tetap alami tidak tercemar oleh limbah.

    Dan semoga setelah membaca makalah ini, pengetahuan kita semakin bertambah akan pentingnya menjaga lingkungan kita dari bahaya limbah.

About these ads

About Byan Tibyan

Nothing special just ordinary people.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Byan Tibyan

Byan Tibyan

Nothing special just ordinary people.

View Full Profile →

#sidebar-subscribe-box{width:300px;border:1px solid #aaa;border-radius:3px;padding:3px 0} .sidebar-subscribe-box-wrapper{background:url(http://2.bp.blogspot.com/-Y3hbgki8hXE/UXZE9IlUi4I/AAAAAAAAAgI/gIGB-L-HKHo/s1600/background.png) repeat scroll 0 0 #f7f7f7;color:#111;font-size:14px;line-height:20px;padding:1px 20px 10px;text-align:center;text-transform:uppercase} .sidebar-subscribe-box-form{clear:both;display:block;margin:10px 0}form.sidebar-subscribe-box-form{clear:both;display:block;margin:10px 0 0;width:auto} .sidebar-subscribe-box-email-field{-moz-border-radius:4px;-webkit-border-radius:4px;background:#fff url(http://3.bp.blogspot.com/-DfHJzP9Mlh4/UXZE9ONhVnI/AAAAAAAAAgM/5xtMqb9biR4/s1600/icons.png) no-repeat 0 -27px;border:1px solid #ccc;border-radius:4px;color:#444;margin:0 0 15px;padding:10px 40px;width:68%} .sidebar-subscribe-box-email-button{background:#09f;border:1px solid #007fff;box-shadow:0 1px 0 rgba(255,255,255,0.3) inset, 0 1px 0 transparent;color:#fff;cursor:pointer;font-family:verdana;font-weight:700;padding:10px;text-shadow:1px 1px 0 rgba(0,0,0,.4);text-transform:uppercase;width:100%} .sidebar-subscribe-box-email-button:hover,.sidebar-subscribe-box-email-button:focus{background:#1ca4ff} .sidebar-subscribe-box-email-button:active{-moz-box-shadow:0 1px 4px rgba(0,0,0,0.5) inset;-webkit-box-shadow:0 1px 4px rgba(0,0,0,0.5) inset;box-shadow:0 1px 4px rgba(0,0,0,0.5) inset;outline:0}iframe,object,embed,.yt-border iframe,.yt-border object,.yt-border embed,table{width:100%}embed{border-radius:3px;-moz-box-shadow:0 2px 4px rgba(0,0,0,0.2);-webkit-box-shadow:0 2px 4px rgba(0,0,0,0.2);background:#FFF;border:1px solid #ddd;box-shadow:0 2px 4px rgba(0,0,0,0.2);margin:0;padding:4px 4px 4px} #footer-section{border-top:1px solid #aaa;box-shadow:inset 0 4px 6px -3px #aaa;font-family:cambria;font-size:14px;height:100px;margin:10px -30px 5px;padding:0 30px;text-align:center;width:100%} a.social-icons{margin-right: 5px;height:45px;width:45px;} a.social-icons:hover { opacity: .7; filter:alpha(opacity=70);}
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.